Sabtu, 28 April 2012

[FUN NEWS] EXO – Mama MV Review

Perjalanan panjang teaser demi teaser, dan dua prologue MV sebelum akhirnya, pada 8 April 2012, boyband yang akan jadi boyband terkeren sepanjang 2012 ini debut di Inkigayo dan12th Yin Yue Feng Yun Bang Awards! Siapa lagi kalau bukan THE EXTRAORDINARY EXOTIC BOYBAND: EXO!

EXO muncul dengan hits title: MAMA. Yes. Kalau SHINee suka sama mbak-mbak, EXO kok ya kesannya ngejer tante-tante banget gitu loh yah.  #Kidding

“WE ARE ONE WE ARE EXO” adalah slogan mereka. warna resmi fandom  EXO adalah ijo-ijo-lime atau mama-lime.

Waktu pertama kali denger lagu MAMA komentar pertama gue adalah: YA TUHAN INI KENAPA ADA BAGIAN PEMUJAAN FIR’AUN? Tapi nggak bisa bohong juga kalau bagian pemujaan fir’aun itulah yang “dijual” di lagu MAMA ini. SM selalu membuat lagu-lagunya gampang untung diingat dan kalau bisa jadi trademark, trending topic di setiap pikiran Kpop-ers dan semacam racun bagi pendengarnya. Yang seru lagi adalah bahwa untuk menanamkan racun ke pikiran penggemarnya itu, SM suka membuat lirik yang suka diulang-ulang atau menyelipkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang sebenarnya sih kalo diperhatiin nggak ada yang istimewa tapi tetep aja bisa nempel di kalbu.

Sebut saja beberapa lagu berikut ini yang masuk kriteria racun entah karena gampang diingat ataupun karena liriknya berulang-ulang:

 

  1. SHINee – Noona You’re So Pretty. Ada bagian dimana kata-kata “Replay” diulang beberapa kali di setiap reff. Waktu jaman pertama denger lagu ini bahkan nggak pernah nyebut judul aslinya tapi judul alternatifnya yaitu Replay.

  2. SHINee – Ring Ding Dong. Sudah barang tentu lagu ini termasuk ke dalam kategori lagu racun-nya SM. Selain judulnya juga rada-rada out of the box, setiap kali keputer “Ring ding dong ring ding dong ring diggi ding diggi ding ding ding…” pasti bakalan echoing terus. Nggak cuma itu, di lagu ini juga ada bagian racun lain yaitu “Kolak kolak kolak” (lirik aslinya a rock a rock :D mungkin, karena orang korea agak susah melafalkan huruf R jadi kedengeran kayak kolak-kolak =___= ) dan “Funtastic Elastic”.

  3. BoA – Hurricane Venus. Pasti tau dong sama bagian ”Electronic manic supersonic bionic energy” di lagu ini? Keulang terus sampai akhir lagu~

  4. SHINee – Lucifer. Reff-nya memiliki homophone (kata-kata yang terdengar sama) sehingga membuat yang denger jadi annoying tapi suka gitu. Selain itu kata-kata Lucifer yang berulang-ulang juga jadi faktor melekatnya lagu ini di kepala.

  5. Super Junior. Hampir semua lagu hits Super Junior punya lirik yang berulang-ulang yang berujung pada sakaratul maut otak yang nggak bisa menghindar untuk menyanyikan lagu itu walaupun hati tidak menginginkannya. Beberapa orang yang nggak suka K-Pop tapi pernah denger lagu SuJu pernah secara random menyanyikan lagu-lagunya SuJu. Sebut aja Bonamana. Dari bagian opening lagu yang ”Ddan daranddandan…”, bagian Donghae yang ”salgga salgga salgga salgga….” Reff yang”Bounce To You.. Bounce To You” dan pastinya ”Bonamana” yang terus diulang sepanjang lagu menjadi nilai jual lebih lagu ini sehingga nempel kayak tokek di otak. Yang lain kayak misalnya Sorry Sorry, Mr. Simple, Twins (Knock Out) juga punya lirik yang berulang-ulang.

  6. TVXQ – Keep Your Head Down + Mirotic. Gue nggak banyak tahu lagu-lagunya TVXQ karena pas jaman mereka sukses gue belom kenal sama dunia Kpop. Tapi dua lagu ini (yang keduanya adalah favorit gue dari TVXQ) juga punya trademark sendiri. Keep Your Head Down dengan kata ”Wae?”-nya yang diulang-ulang dan Mirotic dengan ”I got you under my skin…!”-nya yang fenomenal pas jaman itu.

  7. Girls’ Generation. Karena mereka adalah versi cewek dari Super Junior, dan nggak bisa dipungkiri juga kalau lagu hits GG dan SJ selalu diciptakan oleh Yoo Youngjin (gak cuma GG dan SJ sih sebenarnya, hampir semua lagu artis SM yang hits tepatnya) juga punya tipe racun yang sama. Gee, Run Devil Run, The Boys, Oh!, semua punya lirik yang berulang-ulang.

  8. EXO – History. Di lagu History, ada beberapa bagian yang berulang, ada juga lirik berbahasa Inggris yang bisa dibilang jadi trademark-nya lagu ini. Misalnya: Every every every day~, trus No More Shakin’ Like That, dan Turn it up Turn it up Turn it up/Ireona ireona ireona. Selain itu, bagian yang “O~ o~” pas lagi gaya pamer telapak tangan itu juga menurut gue unik.

Nah! Lagu MAMA yang diciptakan juga oleh Om gue terkasih Yoo Youngjin ini juga punya nilai jual yang sama (dengan lagu-lagu yang contohnya gue sebutkan di atas) yang nggak salah lagi adalah part nyany yang terdengar seperti pemujaan itu.

Terlepas dari dunia Showbiz Korea khususnya K-Pop yang ingin menguasai dunia dan mengalahkan industri Showbiz di barat dengan memasukkan simbol-simbol iluminati atau apapun itu di setiap MV mereka, tapi beneran deh lirik awal itu bener-bener ear-catching banget. Sempat menebak-nebak sebenarnya apa sih yang dikatakan di lirik itu? Awalnya gue pikir cuma sekedar bisikan-bisikan biasa atau kalimat-kalimat nggak penting kayak Funtastic Elastic atau Bounce To You yang berulang-ulang itu. Akhirnya gue coba browsing di tumblr, dan ada lirik lucu yang di posting sama seseorang:

Kill this… kill this… shoot anonymous… anonymous… careless motherless. no one care about me…

Dem! LOL!! Waktu pertama baca itu gue ngakak. Karena emang ada kemiripan pengucapan dengan yang ada di lagu. Gue mencoba untuk mendengarkan ulang tapi lirik buatan fans itu tetep yang berputar di kepala. Nah, waktu single debut-nya keluar di itunes dan nonton MV yang versi China-nya, eh ternyata memang bener hampir mirip kayak gitu….

Careless careless, shoot anonymous anonymous. Heartless mindless. No one, who care about me?

Beberapa kata ada yang bener dan beberapa kata lain cuma menyimpang sedikit. Tapi lalu kemudian gue berpikir, apa sih maksud dari lirik ini? Apakah emang hanya kalimat-kalimat nggak penting semata? Kalo emang iya, gue salut sama Yoo Youngjin yang bisa mengemas kalimat nggak penting itu ke dalam sebuah lagu dan dijadikan trademark dari lagu itu sendiri. Ditambah lagi bernada pemujaan fir’aun kayak gitu. Daebak! Masalah lirik ini, apapun kalimatnya, kalo nadanya begitu juga akan terkesan pemujaan fir’aun loh. Coba nyanyiin ini:

Dioles… dioles… air di termos, ada di termos… dioles… dioles… pengen makan popmie…. *Pizz :-V

But heck, ternyata lirik itu bermakna sangat dalam sekali loh :”) Gue bahkan sampe merinding waktu baca keseluruhan makna liriknya. Oke kita bahas itu nanti, sekarang masuk ke pembahasan MV dan perbandingan dengan MV-MV lain yang dibuat oleh SM dalam kurun waktu 2009-2012 dimana gue dalam kurun waktu itu lumayan intens mengikuti MV-MV buatan SM (Kecuali TVXQ dan CSJH ya…)

Kalau Mr. Simple dan The Boys dibuka dengan fashion show member, berjalan bergiliran, pamer senyum (The Boys) dan pamer muka cool (Mr. Simple) dan sama sekali MV-nya nggak bercerita tentang apapun hanya dance-dance biasa. Kemudian Sherlock muncul dengan kemasan unik MV bercerita yang sudah lama mulai ditinggalkan oleh SM yang dibuka dengan lima orang detektif muda yang lagi nunggu kerjaan.

MV MAMA juga dibuka dengan sebuah cerita, tetapi dalam kemasan yang berbeda. Pembukaan MV MAMA ini lumayan panjang, sekitar 1 menit 25 detik. Pernah juga muncul sebagai pembukaan Showcase. Kenapa kemudian SM membuat pembukaan MV yang seperti ini? Ada banyak alasan.

  1. SM sudah mengkonsep dengan “matang” bagaimana EXO ini terbentuk dan identitas apa yang akan mereka bawa. SM konsisten bahwa mereka datang dari Planet EXO, kemudian di teaser Chanyeol ditunjukkan beberapa simbol yang pada akhirnya di MV MAMA ketauan kalau simbol-simbol itu adalah simbol kekuatan dari beberapa member (misalnya Unicorn nya Lay). Ada juga judul lagu Time Control di teaser Kai-Luhan yang kemudian menggambarkan kekuatan dari Tao di MV yang bisa menghentikan waktu, lagu Lightsaber di teaser Kai yang ke 4 yang menggambarkan kekuatan Baekhyun yang bisa mengeluarkan cahaya dari tangannya, lagu Phoenix di teaser-nya Lay yang kemudian menjadi kekuatannya Chanyeol, lagu Two Moons di teaser Kai-Lay juga demikian, berhubungan dengan bagaimana ceritanya EXO kemudian bisa hidup di dunia yang berbeda. Yah bolehlah ditambah Let Out The Beast yang kalau mau dihubungkan bisa dengan Naga-nya Kris. Semua seakan menjelaskan betapa dipersiapkannya EXO ini oleh SM dan sejak awal mereka konsisten dan tahu, EXO ini nantinya akan dibawa kemana dan dengan konsep apa dan konsep itulah yang ingin ditanamkan di benak para fans bahwa selain EXO ini bakalan menginvasi dunia dengan musiknya, mereka juga punya kekuatan supranatural yang bisa menghipnotis para pecinta Kpop di dunia. Kurang lebih penggambarannya kayak gitu.

  2. SM ingin semua yang nantinya akan menyukai EXO tapi tidak mengikuti EXO dari awal bisa mengerti, sebenarnya konsep apa sih yang mau SM kasih melalui EXO ini. Makanya dibagian awal MV dibuat jalan cerita. Bagaimana kemudian EXO ini bisa terpisah menjadi EXO K dan EXO M. Bagaimana kemudian mereka bisa memiliki kekuatan masing-masing (yang kalau misalnya kalian ngikutin dari awal, seperti penjelasan di nomor 1, kalian akan mengerti maksud dari semua teaser yang ada dan yang masuk di MV What Is Love), bagaimana mereka bisa memiliki Two Moons dan sebagainya. Paling nggak, sedikit banyak opening MV Mama ini menjelaskan semua itu.

  3. SM ingin menarik perhatian semua kalangan. Dengan menggunakan visual cerita seperti itu, bisa dipastikan nggak hanya ABG labil kayak gue yang akan tertarik melihat EXO tetapi juga anak kecil karena visualisasinya jujur aja keren banget. Bahkan beberapa orang di tumblr yang gue baca mengira itu film Lord Of The Ring, Kung Fu Panda atau semacamnya. Gue memuji SM di sini karena sudah mulai berani mempersiapkan sebuah cara yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Nggak sekedar fashion show belaka gitu.

Gue melihat ada kesamaan yang entah sengaja atau nggak, yang dibuat SM dari MV-MV sebelumnya. Beberapa yang gue tangkep adalah sebagai berikut:

 

#1 SM suka banget pake latar putih untuk beberapa dance versionnya. Mungkin karena warna putih ini netral dan kesannya cerah gitu. Dan kalau misalnya latar putih, semua pakaian yang dikenakan artis akan terlihat lebih mencolok warnanya. Beberapa MV SM yang latarnya putih atau dominan putih:

  

MR. SIMPLE

 

 

GEE

 

CHU~

NO OTHER

 

NU ABO


Dan  masih ada yang lain kayak misalnya The Boys, Marry U, Keep Your Head Down, Danger.Walaupun nggak bisa juga dibilang sebagai identitas SM, tapi emang, nyatanya, SM sering bikin MV dengan latar putih atau dominan putih kayak gini, disadari atau tidak.

 

MAMA

 

#2 Gak tahu kenapa, kok kayaknya SM suka banget pake bunga dan kelopak-kelopak bunga yang berjatuhan dari langit :”) Kalo di Hurricane Venus sama The Boys memang gue yakin itu mawar. Tapi pas nonton MAMA, awalnya emang kayak mawar sih (dalam hati juga yakin itu mawar), tapi pas adegan Tap menendang kuntum bunga itu, kok bunganya nggak kayak mawar ya? Hehehe Tapi yaudahlah… Yang penting konsep bunga jatuh dari langit ini kayak diulang-ulang terus sama SM… Walaupun beda warna cowok dan cewek. Putih dan Merah/Orange.
….

 

#3 Ada beberapa ide MV lain yang berulang di MV MAMA ini yang semalem baru gue sadari :p

Bedanya adalah kalau TVXQ tidak pernah dari awal dikonsep sebagai boyband dengan kekuatan-kekuatan supranatural, sedangkan EXO konsep awalnya adalah manusia super dari planet berbeda dengan kekuatan supranatural. Jadi bisa dikatakan bahwa TVXQ hanya konsep MV-nya saja, sedangkan EXO adalah konsep boyband-nya sekalian. Walaupun nggak bisa dipungkiri juga bahwa kemiripan dua elemen di EXO dengan MV Keep Your Head Down ini bisa berasal dari satu otak yang sama. Selain emang elemen Api dan Cahaya itu emang sudah umum sekali.

 

Music Video EXO K berdurasi total 6 menit 12 detik–yang bisa jadi kebetulan yang menyenangkan karena 6 adalah jumlah masing-masing member EXO K dan EXO M, dan 12 adalah total keseluruhan member EXO ini diawali dengan sebuah narasi prolog cerita bergaya kayak dongeng  klasik anak-anak kecil gitu. berasa nonton opening Kung Fu Panda atau avatar setelah beberapa kali nonton dan juga mendengarkan background musiknya, malah berasa kayak lagi nonton visualisasi The Tales of Three Brothers dari Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1.

 

Tapi narasi di depan ini backsound-nya terlalu kenceng. Suara naratornya kadang-kadang jadi kalah sama suara musik. Agak bete juga sih karena harusnya SM memerhatikan hal ini lebih serius. Kalau emang mereka berniat menjadikan EXO itu idola dunia, jadi kalo menggunakan narasi bahasa Inggris, harusnya ya usahakan biar terdengar jelas supaya orang-orang yang nggak familiar banget telinganya dengan bahasa Inggris nggak salah tangkep kata-kata si narator ( Saran aja sih. Toh dibaca juga nggak sama SM)

 

“When the skies and the ground were one of legends, through their twelve forces, nurtured the tree of life. An eye of red forces created the evil which covered the heart of tree of life and the heart slowly grew dry. To attend to an embrace the heart of tree of life, the legends hereby divide the tree in half and hide each side. Hence, time is overturned and space turns askew. The twelve forces divide into two  and create two suns that look alike. Into two world that seem alike, the legends travel apart. The legends shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky. The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other. The day the red forces purify and the twelve forces reunite into one perfect root, a new world shall open up!”

Awalnya gue juga agak sukar untuk mengerti bagaimana cerita ini. Jadi mungkin akan gue translate ke bahasaIndonesia yang simple ya…

Jaman dahulu kala, menurut sebuah legenda, langit dan bumi hidup berdampingan satu sama lain dengan baik, aman, sentosa dan sejahtera. Pada masa itu, hiduplah para Legends. Langit dan bumi ini punya sumber-sumber kekuatan yang jumlahnya dua belas. Nah dua belas sumber kekuatan ini diperintahkan untuk merawat sebuah Pohon Kehidupan. Sayangnya, karena banyak yang iri dengki dan  berhati penuh kejahatan, sebuah kekuatan dari negera api merah mengirim setan-setan jahanam yang menyelimuti hati Pohon Kehidupan. Karena setan-setan jahanam ini, perlahan-lahan hati dari Pohon Kehidupan mengering :( Nggak tinggal diam, menurut legenda, para Legends akhirnya memutuskan untuk membagi Pohon Kehidupan menjadi dua. Kedua bagiannya itu disembunyikan dengan aman. Entah di dalam brankas bawah tanah atau di bawah bantal, bisa jadi. Karena dibagi menjadi dua bagian itu, tiba-tiba saja waktu dan dunia jadi kacau, terbalik, miring, parah, galau, gila, begajulan. Dua belas kekuatan itu terbagi dua dan terciptalah dua matahari yang serupa. Menuju dua dunia yang serupa tapi tak sama, paraLegends ngaso-ngaso secara terpisah. Masing-masing dari mereka bisa berdiri di tanah yang sama, tetapi akan melihat langit yang berbeda. Mereka bisa melihat langit yang sama tetapi pada saat yang sama mereka berdiri di tanah yang berbeda.  Suatu hari nanti, bumi akan melahirkan “sesuatu” dibawah langit dua dunia yang terlihat sama itu. Saat itulah para Legends yang terpisah ini akan bertemu satu sama lainnya. Dan pada saat itu, kekuatan jahanam dari negara api merah akan dimurnikan, dan dua belas sumber-sumber kekuatan yang ada di bumi itu akan kembali bersatu dalam sebuah akar yang kuat Pohon Kehidupan. Dan pada saat itu, sebuah dunia baru yang diharapkan lebih baik akan tercipta!

Visualisasi dari opening MV MAMA ini juga menarik. Nggak heran-heran juga sih kalo misalnya yang buat ya orang-orang Korea juga. Toh mereka udah bisa bikin animasi sekelas Pororo ataupun Ragnarok. Patut diacungi jempol usaha SM kali ini untuk membuat konsep yang berbeda dari MV-MV sebelumnya. Kayak yang udah gue bahas di Part 1 Review MAMA kemaren juga, SM benar-benar mengkonsep secara utuh dan menyeluruh EXO mulai dari identitas, karakter, bahkan punya logo sendiri dan font sendiri. Dan meletakkan sebuah animasi yang universal seperti ini bisa menarik perhatian semua kalangan.

Dimulai sejak menit ke 1:25 dan dengan anggunnya, MV ini dibuka oleh 12 member yang bergaya monk/biarawan berjubah dan berkerudung. Pada awalnya memang mengesankan bahwa sedang terjadi sebuah ritual pemujaan ”sesuatu” disitu.

 

Dengan kostum mereka yang demikian, ditambah lagi pencahayaan yang redup dan formasi yang teratur, dan yang paling mengesankan pemujaan dan ritual adalah nada dari lirik yang mereka nyanyikan yang kesannya kayak mantera, padahal artinya nggak sedemikian menakutkannya.

Sebenarnya ini bukan kali pertama kok, MV K-Pop ada jubah-jubah begini. 2NE1 I Am The Best juga di bagian opening, CL pake jubah juga walaupun keliatannya jadi kayak jubah petinju sih, cuma ya, mirip-mirip juga. Karena konsep MV-nya juga rada-rada iluminati, jadi walaupun dikemas dalam jubah petinju, kesannya ya kayak jubah monk juga.

 

Selain 2NE1, coba cek MV-nya Narsha BEG. Tapi dia lebih ke biarawati karena warnanya lebih beragam, nggak item-item polos atau kalo di MV MAMA itu kayak karung goni.

 

Trus MV-nya BoA yang Hurricane Venusjuga. Hanya saja lagi-lagi warna disesuaikan dengan kebutuhan. Dancer-nya BoA make warna merah mencolok agak-agak oranye gitu.

Gue sih pas awal ngeliat MV MAMA setelah narasi, langsung kebayang Priory of Sion yang ada di film The Da Vinci Code. Langsung inget Silas yang juga pake jubah gitu, trus ritual kakeknya Sophie yang dikelilingi oleh orang-orang berjubah dan bertopeng kemudian di tengah-tengahnya si kakek melakukan adegan sensor.

Kayak yang udah kita semua tahu, masing-masing member punya simbol sebagai identitas kekuatan mereka. Nah kurang lebih kayak digambar ini:

Source: Tumblr

 

 

Penjelasan singkat? Oke. Here they are:

  1. Kai - Teleportation. Kalo baca review What Is Love gue, Chanyeol pernah nemu buku dan di buku itu ada tulisan Teleportation. Ternyata itu merujuk pada kekuatan yang dimiliki Kai. Menurut gue, di jaman sulit BBM seperti ini, kekuatan Kai adalah yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Dengan demikian kita nggak perlu lagi make BBM dan boros-boros bayar tiket pesawat, kereta, angkot dll. Kalo lagi mager ke toilet bisa langsung masuk ke dalem toilet tanpa harus bangun dari tempat tidur (gak ngerti lagi deh itu kalo misalnya masuk toilet yang lagi ada orangnya).

  2. Chanyeol - Phoenix (Flame - Api). Mungkin kekuatan ini nggak terlalu berguna dikehidupan sehari-hari kali ya. Cuma punya temen yang memiliki kekuatan ini akan sangat berguna kalau kita sedang mendaki gunung. Nggak perlu susah-susah bikin api unggun. Tinggal jentikkan jari, maka Chanyeol akan berapi-api.

  3. Suho – Air. Air adalah sumber kehidupan. Kalaupun Kai bisa teleport, kalau dia nggak minum toh dia akan meninggal juga. Jadi Suho disini berperan sebagai sumber kehidupan. Mungkin kekuatan ini bisa dia gunakan untuk membantu orang-orang yang kekeringan di Afrika. Orang-orang yang kekurangan air di daerah-daerah timur Indonesia. Atau kalau misalnya mau usaha sampingan, bisa memanfaatkan Suho untuk usaha cuci mobil, motor dan segala perabotan rumah tangga.

  4. D.O - Earth (Bumi). Kekuatan D.O mungkin agak-agak serem karena setiap kali dia melangkah akan terjadi gempa. Tapi suatu saat berguna kalau misalnya ada sebuah gedung yang sudah tua dan mau dihancurkan trus butuh waktu cepet, suruh aja D.O menciptakan gempa bumi lokal. Tapi harap hati-hati karena dia suka nggak kira-kira kalo pamer kekuatan. Benda-benda berharga seperti mobil yang terparkir dalam radius 10 meter harus segera diamankan kalau nggak mau rusak dengan sia-sia.

  5. Baekhyun - Light (Cahaya). Selain Air, Cahaya juga sumber kehidupan. Nggak ada cahaya kita nggak bisa ngeliat apa-apa. Kai nggak akan bisa ngeliat jalan waktu lagi atraksi Kai dan sebagainya. Punya temen yang bercahaya seperti Baekhyun jelas menguntungkan mengingat kondisi negara kita yang rentan terhadap pemadaman bergilir. Jadi Baekhyun bisa membantu memberikan penerangan. Mungkin suatu hari nanti Baekhyun akan menjadi sumber cahaya bagi desa-desa terpencil…

  6. Sehun - Wind (Angin). Oke, mungkin Sehun perlu diwaspadai karena kalo dia lagi marah, dia bisa buang-buang angin. Atau justru dia buang angin karena iseng? Kalau keadaan dunia sudah panas dan AC rumah rusak, boleh telepon Sehun. Dia akan membuatkan anda angin lokal yang menyejukkan jiwa dan raga.

  7. Luhan – Telekinetik/Telepathy. Kekuatan pikiran yang dimiliki Luhan membuat dia berkemampuan bisa menggerakkan benda tanpa harus disentuh. Serunya jadi Luhan adalah bisa SMS-an, twitter-an, Facebook-an, ngerjain tugas, nggak perlu megang devicetapi bisa diperintah sendiri oleh otak, bisa gerak sendiri. Wah betapa bahagianya hidup kayak gitu. Walaupun pada akhirnya anggota badan nggak bergerak. Ujung-ujungnya lumpuh layuh.

  8. Kris - Dragon (Flight - Terbang). Selain bisa mengeluarkan Api seperti Chanyeol, Kris sejakWhat Is Love memang sudah digambarkan memiliki kekuatan terbang itu. Sebelas dua belas sama Kai, Kris juga memiliki misi hemat bahan bakar.

  9. Tao - Time Controller. Tao bisa menghentikan waktu. Kekuatan ini sangat dibutuhkan kalau tinggal di Depok, apalagi di seputaran jalan Margonda. Fix banget, gue akan suruh Tao buat memberhentikan mobil-mobil yang selalu nggak pernah memberikan kesempatan kepada penyebrang jalan untuk melintas setiap hari Senin-Jumat kalau gue berangkat ke kampus. Entahlah sebenarnya Tao ini punya kekuatan supranatural atau polisi lalu lintas…

  10. Chen - Lightning (Petir). Gue curiga aja kalau selama ini ternyata Chen tinggal di Depok -_- Petir mulu tiap kali ujan. Udah gitu petirnya nggak nyantai lagi… Mungkin Chen kalo PMS gitu kali ya. Nebar petir. Sambar sana sambar sini.

  11. Lay - Unicorn (Healing Power/Life). Seperti halnya Unicorn dalam kisah Harry Potter, kekuatan Lay juga hampir sama yaitu memberikan kehidupan dan memiliki kekuatan penyembuh. Unicorn memberikan kehidupan untuk Voldemort dan di MV MAMA ini Lay menghidupkan kembali bunga anggrek yang sudah layu. Berguna sekali untuk Posyandu ya Lay ya, mungkin setiap tanggal 17 setiap bulannya Lay harus ikut Posyandu jadi kalo ada anak-anak kecil yang sakit bisa langsung sembuh… Entah ini Lay atau bu bidan atau justru dukun.

  12. Xiumin - Frost (Es/Pembeku). Kalo gue jadi Xiumin, gue akan bikin tempat Ice Skating di kampung halaman. Jadi orang-orang yang nggak pernah Ice Skating bisa menikmati serunya meluncur di atas Es. Xiumin juga bisa dimanfaatkan untuk jualan pop ice atau es serut ya teman-teman terutama kalau musim panas. Instan. Langsung seger.

Karena di MV MAMA kita nggak bisa hanya menonton K saja atau M saja, karena keduanya berhubungan, jadi review kali ini, akan membahas MV K dan M :) Soalnya Kai tuh ngebetein. Mentang-mentang bisa pindah sana pindah sini, trus seenaknya gitu merepotkan gue harus mereview dua MV ini karena dia muncul di MV EXO K dan M -__-

Emang Kai ini biang masalah dari dulu. *apa apa nyalahin Kai* *dikira anti-Kai* *suka suka lo* Mari kita bahas Fakta-fakta MV MAMA dari EXO K dan EXO M :)

#1 Ada 12 tiang (?) atau semacam tower (???) di detik 01:35. Masing-masing tiang mewakili member EXO secara keseluruhan karena di bagian awal MV ditunjukkan bahwa di tiang itu ada simbol kekuatan dari masing-masing member. Walaupun yang keliatan hanya simbol Kai (SELALU), D.O dan Lay, tapi paling nggak sudah memberikan gambaran bahwa tiang-tiang yang ada 12 itu adalah representasi dari kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing member.

Anyway, mumpung ngebahas tentang tiang. Lagi-lagi, SM kayaknya memang suka banget menggunakan ide yang sama dengan kemasan yang berbeda di setiap MV-nya. Kalau kemaren kita bahas background putih, sekarang kita bahas tentang dekorasi yang berdiri tegak lurus. Nah dekorasi yang berdiri tegak lurus yang kayak gini (maksudnya nggak identik, tapi tetep berdiri di belakang gitu) juga pernah digunakan SM (konsep dan idenya bukan dekorasi yang sama digunakan dua kali di MV yang sama) dalam MV The Boys. 

Kemudian ada juga di MV Perfection:

 

#2 Coba deh cek MAMA EXO K menit 01:40, 01:44, 01:45, 05:58, 05:58 menuju ke 05:59 (bedanya dikit banget soalnya, beberapa frame gitu–MV ini 1 detiknya ada 30 frame karena HD). Walaupun sebenarnya shot-shot ini berkesinambungan, tapi kalo misalnya diperhatiin,kesannya kayak nggak kontinyu :) Liat deh gambar di bawah ini:

 

Di menit 01:40, Posisinya adalah (dari kiri) Chen, Xiumin, Luhan, kemudian di tengah ada Kai dan di belakang Kai agak ke kanan (dari arah kamera) ada Lay). Tapi pas shot cut ke yang lain dan kembali ke shot berjubah, posisinya jadi berubah juga. Tiba-tiba jadi ada Chanyeol di sebelah Xiumin dan Lay mendongak dan berada di posisi yang berbeda dari sebelumnya.

Dan lagi, nggak sampe 1 detik dari detik dimana ada Chanyeol dan Lay yang berpindah posisi, di detik berikutnya di 01:45 Chanyeol ilang dan Lay kembali ke posisi awal di belakang Kai.

Kejadian yang sama juga berulang di detik terakhir yaitu 05:58, 05:58 menuju ke 05:59. Lay kembali berada di posisi yang ada Chanyeol di detik 01:44, tapi nggak sampe sedetik, Lay pindah lagi ke sebelah kanan, agak belakang D.O sedikit.

Kesannya gambarnya nggak nyambung dan Lay pindah-pindah. Padahal sebenarnya itu bedaangle kamera aja. Awalnya gue juga ketipu. Udah bahas panjang lebar pas di perhatiin ternyata cuma beda angle kamera. Perhatiin deh di gambar dibawah ini, Chanyeol nggak keliatan karena ketutupan Kai. Pantesan pas kamera dari samping dia keliatan ya? Hahaha Disini cuma kakinya doang yang nampak. Ketutupan Kai. Atau jangan-jangan dia pengen jadi kaki barongsainya? Pffftttt~~~~

>>>>
#3 (MAMA EXO K) Ada 6 lilin di menit 01:51, 7 mangkok lampu di 1 lampu gantung (ada 3 yang keliatan di menit itu tapi di menit 02:02 muncul lagi dan lampunya jadi ada 3) dan 6 diantaranya kecil yang ditengah-tengah besar. Nggak ngerti Suho dateng dari mana, soalnya pas di 01:51 yang jalan ke lorong itu cuma Bacon.

 

#4 (MAMA EXO K) Ada 19 tiang bendera yang terlihat di belakang D.O. di menit 01:55. Berikut 2 logo EXO yang secara aneh menempel di dinding, dan Kai menggunakan celana pendek EXO yang juga pernah digunakan oleh Lay waktu di Showcase. Bukan berarti celana yang sama, tapi motifnya sama.

 

#5 (MAMA EXO K) Kalau Suho pernah random nyeret meja belajar ke tengah padang ilalang dan rawa-rawa, sekarang astaga…. Please banget Sehun, kalau galau nggak usah serandom itu juga duduk sendirian di atas kursi di tengah-tengah tanah kosong. Kesambet loh ntar -__- 02:01

#6 (MAMA EXO K) Bahaya juga ya Chanyeol kalo jalan. Ninggalin jejak api. Tapi di menit 02:04 dia menunjukkan kalau dirinya warga negara yang baik dengan mengikuti rambu-rambu lalu lintas. Tidak boleh belok kanan, akhirnya dia jalan ke kiri. YAY!

#7 (MAMA EXO K) Gimana mungkin KAI nggak ganti baju di dua MV yang berbeda ini? Astaganaga ~~~ Celananya sih beda, tapi bajunya tuh mirip. Hahah~~~

#8 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Dibandingkan dengan yang lain, seperti biasa, visual selalu menjadi pusat perhatian. Oke, Kai selain mendapat gelar Dancing Machine, dia juga mendapat gelar sebagai member yang paling sering ganti kostum.

 

#9 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Walaupun Kai bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati dia (dan secara kebetulan dia juga punya kemampuan mengganti pakaian secara instan semau dia), tapi pada kenyataannya di MV ini, Kai nggak nyamperin Kris, Xiumin, Lay, dan Tao. Ada alasannya:

  1. Kenapa dia nggak berteleport ke Kris? Karena Kris punya kekuatan naga. Kai kan barongsai. Barongsai kan naga jadi-jadian. Sedangkan Kris itu naga beneran. Bisa ngeluarin Api. Takut lah Kai sama naga asli. Takut disembur api, dicakar naga. Dan berhubung Kris juga bertampang kayak vampir, bisa jadi Kai takut digigit.

  2. Kenapa dia nggak berteleport ke Tao? Karena Tao bisa menghentikan waktu. Kai nggak akan bisa bergerak ketika memasuki daerah kekuasaan Tao.

  3. Kenapa dia nggak berteleport ke Xiumin? Karena Xiumin kekuatannya adalah Es, membekukan. Jadi Kai nggak berani. Karena dia nggak punya stok baju tebel. Punyanya kalo gak berlengan, telanjang dada, ya nggak pake baju. Takut kedinginan.

  4. Kenapa dia nggak berteleport ke Lay? Soalnya dia bukan Voldemort yang suka  minum darah unicorn. Karena Lay adalah jelmaan Unicorn. Jadi bingung gue sebenarnya yang vampir disini siapa sih? Kris atau Kai?

#10 (MAMA EXO K) Ada gerakan dance di mana gue pikir Kai telat bergerak di menit 02:34. Karena waktu merhatiin dance-nya Suho sama D.O, mereka berdua udah angkat satu kaki duluan sementara Kai terlambat. Hmmm… Masa sih Dancing Machine bisa salah gerakan? Eh ternyata pas cek live perform-nya, emang gerakannya seperti itu. Gilir-giliran. Hehehe.. Cuma kalo misalnya dilihat sekilas, kesannya Kai salah gerak gitu =3= Baru kali ini ngebelain Kai.

 

 

#11 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Selain di dinding tempat D.O. iseng menggetarkan bumi dan secara tidak bertanggung jawab menggetarkan mobil orang yang sedang parkir dengan sengaja, logo EXO dan tulisan EXO ada di cincin yang dipakai Kai, ornamen dinding waktu dance EXO M, celana Kai (yang di point ke 4), Lukisan Unicorn yang diraba-raba Lay, sabuk yang dipakai Kai, baju Baekhyun, tattoo nggak pentingnya Kai, baju Xiumin. Ada lagi yang nemu? XD

 

#12 (MAMA EXO K) Inget di postingan-postingan terdahulu gue sempat bilang kalau muka Suho berubah-ubah dan gue memberinya predikat The Man with 1000 Faces? Hehe… Kayaknya sekarang Suho udah tobat. Dia udah menentukan muka yang fix dan nggak berubah-ubah lagi pas di MV MAMA ini. Di MV ini bahkan Suho terlihat lebih tenang dan mukanya nggak setegang pas di History. Keliatan banget disitu mah tegangnya… Dan di MV MAMA ini Suho masih tetep dengan gaya Andalannya, pamer kepalan tangan dan cincin.

 

Bahkan disini mukanya keliatan jauh berbeda. Ya kan? :D

#13 (MAMA EXO K) Well oke, mungkin konseptor MV ini bener-bener kebawa-bawa sama MV lama… Bahkan tali jemuran itu masih dibikin kalung setelah Donghae, Yesung, Ryeowook, sekarang Suho jadi korban…

 

 

#14 (MAMA EXO M) Ada bagian yang gue nggak ngerti motivasinya apa. Yaitu waktu Kris yang emang hobi banget nongkrong diatas gedung terus kalo udah bosen, show-off loncat dari atas gedung, free style, pamer kalo bisa terbang. Cuma ya okelah kalo pamer dia bisa terbang, yang gue nggak ngerti itu, kenapa tiba-tiba dia kerasukan roket dan meluncur mencoba menembus langit tapi gagal dan akhirnya kepental? Kenapa?! Salah minum obat kayaknya -_-

 

 

#15 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Face-painting orang-orang ini mengingatkan kalian pada Kuburan Band nggak sih? Hahaha… Kalo nggak suka sama Kuburan Band, yaudah, band aslinya aja: Kiss. Walaupun Kiss ini seluruh wajah yah, kalo EXO cuma beberapa bagian aja. Ada yang keren banget dan menimbulkan kesan misterius-unyu-munyu-pecahkan-saja-gelasnya-biar-ramai gitu, ada juga yang kesannya kayak abis manjat pinang pas 17-an alias cemong sama oli.

 

 

 

#16 (MAMA EXO M) Lagi liat apa Kris? Posisi dance biar gak tabrakan yah? Hahah

 

 

#17 (MAMA EXO M) Waktu Luhan pamer kekuatannya, dia menerbangkan 19 bola-bola kristal. 10 di kanan (kamera) dan 9 di kiri (kamera). Dan waktu dia angkat satu bola di depannya, tampak seluruh member EXO yang sedang berdiri berbaris kayak di Teaser 8 (Sehun)

 

#18 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Suho bener-bener contoh Leader yang bertanggung jawab. Setelah membasahi kaca dengan kekuatan airnya, kacanya di lap lagi sama dia pake tangan (05:39). Kenapa disini Suho dipasangkan dengan Xiumin? Karena Es dan Air itu adalah dua elemen yang nggak bisa terpisah satu sama lain. Hehe… Karena Kristal Es yang jadi simbolnya Xiumin kan berasal dari air yang dibekukan… Dan kalau diperhatiin, emang itu Suho agak jahat sih sama Xiumin. Waktu Suho maen-maen Air di dunia atas, air yang dimaenin Suho malah netes-netes ke Xiumin. Ekspresi Xiumin lagi polos amat rumahnya bocor -_- heboh kek gitu. Marah-marah kek gitu. Kkk~

 

 

 

#19 (MAMA EXO K) + (MAMA EXO M) Narasi yang ada di awal MV kemudian muncul juga visualisasinya di dalem MV. Yang paling jelas keliatan sih bagian yang ”…shall now see the same sky but will stand on different ground. Shall stand on the same ground  but shall see different sky.” Pasti semua udah bisa nebak bagian yang mana… yap! Pas ending… Tapi ada juga tuh visualnya waktu Kai teleport ke tempat Baekhyun dan Suho :)

 

 

 

Nah dari dua gambar teratas sebenarnya bisa juga disimpulkan kalau sebenarnya dunia atas dan dunia bawah itu saling berkaitan satu sama lain. Kayak misalnya ada adegan dimana Chen megang tanah terus tanahnya nyetrum, kalo gue pikir itu adalah saat yang sama ketika D.O menginjakkan kakinya dan bumi bergetar. Kalo Chanyeol sama Kris kan udah keliatan hubungannya sama-sama Api (di China Naga itu Emperor-nya, Phoenix itu Empress-nya, jadi kayak Yin-Yang gitu–from tumblr). Trus Suho sama Xiumin juga udah. Nah Baekhyun sama Lay nih yang gue bingung hubungannya dimana waktu mereka berdua saling tatap di kaca. Sebenarnya kekuatan Baekhyun itu selain mengeluarkan cahaya, bisa mengubah kaca sebagai media ngintip rumah orang juga ya? Hmmm… Padahal Lay kekuatannya adalah healing.Nggak berhubungan langsung sih sama cahaya. Kecuali kalo mau dihubung-hubungin maksa kayak misalnya tanpa cahaya matahari nggak akan ada kehidupan dan kesehatan sih iya (kenyataan kali bukan maksa… alalalalala).

Lalu di cerita narasi kan dibilang “The day the ground beget a single file before one sky in two worlds that seem alike, the legends will greet each other.” cuma kok ya kesannya Kai bisa ketemu dan greet each other kapan aja yaa…

#20 (MAMA EXO M) Rambut Chen waktu dance part yang setting-nya di Planet EXO, poninya warna ijo. Hmmm… warna fandom ya? Kkk~ (02:26, dst)

 

#21 (MAMA EXO M) 02:02 ada 12 cermin di atap, di atas Lay dan Xiumin.

 

#22 (MAMA EXO K) Ada part dimana Sehun dance pake baju putih kemeja yang kesannyasimple banget (02:51). Kayaknya memang mereka lebih keren deh kalo style nya nggak macem-macem. Sama hal-nya dengan Baekhyun yang akan tampak lebih baik kalau nggak pake eyeliner.

 

#23 (MAMA EXO K) 05:44 Baekhyun berasa Power Ranger banget gak sih itu… Kkkk~

 

#24 Idealnya, masing-masing member ada simbol yang melekat di tubuh mereka. Kayak misalnya cincin-nya Chen, trus jaket-nya Lay ada gambar Unicorn-nya, trus juga Suho ada simbol elemen Air yang dulu pernah ditemukan Chanyeol di sebuah batu dan sebuah buku di MV What Is Love, Kris juga ada di gelangnya, trus Chanyeol di kalungnya, Xiumin ada di jas-nya juga. Yang lain? Coba deh perhatiin baik-baik ada di sebelah mana :p

 

#25 Kesannya dua dunia yang berbeda ini sudah sangat modern sekali ya? Kkk~ Bahkan Kris terbang-terbang dan loncat-loncat di skyscraper.

 

#26 Gambar ini mirip deh sama simbol-nya Kai.. #eaaaa #menjurus #gakmaudibahas #capek #bosen #basi

 

 

#27 MAMA di lagu ini berarti “Yang Mulia”. Kalau mau ambil dari sudut pandang positif, karena emang lagunya juga menggambarkan kritik sosial yang ingin mencapai kehidupan yang positif, MAMA disini bisa berarti Tuhan. Tapi ya kalo di kait-kaitkan sama Tuhan lalu konsep MV yang kayak gitu (apalagi di bagian awalnya) kesannya kok ya kayak gimanaaaa gitu ya…

 

Mini-Album MAMA ini berisikan 6 buah lagu yang semua lagunya kecuali Title Song”MAMA” adalah kompilasi dari lagu-lagu yang sudah ada sebelumnya (di teaser dan prologue). History dan What Is Love tentu saja adalah bagian dari mini-album ini, sementara 3 lagu lainnya adalah Two Moons, Machine, dan Angel. 

 

Walaupun What Is Love itu tipe-tipe SM The Ballad ”Hot Times” dan TVXQ ”Before You Go”, tapi Baekhyun, D.O., Chen dan Luhan menyanyikannya dengan gaya mereka sendiri (ya masak mau pake gaya lilin Miss A nyanyinya, susah juga ngeluarin suara sambil posisi begitu.) Masing-masing lagu dialihbahasakan sesuai dengan sub-grup. Jadi K menyanyi dengan bahasa Korea dan M menyanyi dengan bahasa China (Mandarin).

 

Sejauh ini, karena 3 track awal di mini-album ini adalah lagu-lagu juara yang dibuat oleh Yoo Youngjin dan beberapa orang komposer musik terkenal lainnya, jelas History, What Is Love dan MAMA jadi track andalan. Tapi nggak bohong deh kalau lagu Angel (너의 세상으로)  ini nagih banget setiap dengerinnya. Gue bersyukur SM memutuskan untuk mengikutsertakan lagu ini di dalam Mini-Album pertama. Dengan begitu komposisinya jadi rata: 2 lagu rap, 2 lagu ballad, 2 lagi K-Pop dangdut. 

 

Well, istilah K-Pop dangdut disini berarti adalah lagu-lagu yang kalau misalnya didengerin akan memaksa lo buat meniru gerakan-gerakan dance mereka (Sorry, Sorry, Bonamana, Mr. Simple, Genie, Hoot, dll). Kadang-kadang istilah K-Pop Dangdut juga gue gunakan untuk lagu-lagu racun yang emang ada unsur gendang-nya (A Man In Love, Maximum, dll).

 

History dengan No More Shakin’ Your Pocket Like That-nya, What Is Love dengan Seluruh Dunia Get In Slow Motion-nya, lalu MAMA dengan Pemujaan Fir’aun-nya. Angel menawarkan sebuah ballad ringan yang nggak cengeng. Yang penting lagi, di lagu Angel itu SUHO juga ikutan jadi main-vocal nya bareng D.O dan Baekhyun. Terbukti, dorkyleader with 1000 faces memang bisa nyanyi xD Sayang, yang lain cuma kebagian lirik, “WOOYYY” sama “EEEEYYY” di belakang. 

 

Baekhyun: “neo-eui sesange-ro~”

Kai: “WOOOYYY”

Suho: “neo-eui sesange-ro~”

Chanyeol: “EEEEYYYY”

D.O.: “neo-eui sesange-ro~”

Sehun: “EEEEYYYY”

 

Two Moons memberikan penjelasan tentang kemampuan rap Chanyeol dan Kris yang oke banget walaupun gue agak kecewa kenapa lirik ”Rolling like a buffalo…”-nya harus gak ada, padahal pas pertama denger lagu itu yang dicari ya lirik itu. Lalu di Two Moons ini kenapa bagus juga ya karena KEY! :D Lagu terakhir, Machine juga keren banget :) Tetep dengan lirik diulang-ulang “Ma ma ma ma machine~” Ada MAMA MAMA juga ya disitu btw.

 

Ada banyak lagu yang muncul di teaser yang nggak masuk ke mini-album. Mungkin karena kalo misalnya EXO langsung keluar dengan full-album kesannya terlalu gimanaaaa gitu ya… Tapi gue nggak sabar juga buat dengerin semua lagu yang udah di rekam EXO dan tinggal nunggu di rilis. Kecewa berat Baby Don’t Cry itu nggak masuk di mini-album T___T Karena semua lagu di mini-album nggak ada yang galau-cengeng :( Padahal SHINee aja minimal ada 1. But yeah, mari terus mendukung EXO !!! *udah gatau lagi mau nulis apa*

 

Beberapa kali nonton MV MAMA dan menemukan satu lagi yang lucu, ini juga karena dikasi tau sama @chi2chokyulate sih… Di belakang D.O., di belakang 19 tiang bendera itu, ada mas-mas nyasar melintas… Mungkinkah itu… Hmmm… Mau nyebut Kai tapi nggak bisa, soalnya dia muncul di depan D.O. pas detik yang sama…

 

Masih di tempat yang sama, gue jadi penasaran, kira-kira kalau misalnya gue jadi D.O. dan Kai jadi Barongsai, apa ya yang mereka omongin di adegan itu? Apa ya yang dipikirn D.O. waktu ngeliat Kai muncul? Hmmmm….

….

 

Lalu bagaimana dengan yang lain? Kalo gue jadi Baekhyun dan Suho pada saat yang bersamaan dan Kai tetep jadi Barongsai, apa yang akan mereka pikirkan ketika Kai muncul ditengah-tengah keharmonisan hubungan di koridor kosong itu?

……

 

Tetep, menurut gue yang paling kasian itu Sehun. Pada tau nggak sih kenapa dia harus duduk di kursi begitu? Gak tahu? Sama gue juga nggak tahu sih. Tapi kemungkinannya cuma ada 2:

 

  1. Sehun lagi diare dan tanpa sengaja buang air besar di kursi itu jadi malu kalo misalnya dia berdiri nanti belepotan.

  2. Kursinya di kasi lem alteko sama Kai, jadi Kai dateng buat ngejekin dia semata.

Kalau misalnya gue jadi Sehun dan Kai masih tetep jadi Barongsai, dunia ini akan jadi begini:

…. 

*meninggal

*kesamber Chen

*salah tembak anonymous

*ketusuk pedang Tao

*disembur naga Kris

*kebakar Phoenix Chanyeol

 

-END-

-ANTIKLIMAKS-

 

EXO MAMA The Series

 Jangan lupa buat ninggalin jejak kalian ya.. ^^

Thank U So Much : @ronzzykevin

Via : http://www.kaoskakibau.com

1 comments:

My Diary Secret Number mengatakan...

yg terakhir lucu amat hehehe.. artikelnya detail bgt ehhee

Posting Komentar

koment & sarannya ku tunggu lohh!!
ARIGATOU ... :D